English Bahasa Indonesia

Aksarasa#01 sebagai Ajang Kreatifitas dan Aktualisasi Keilmuan

Sebuah pameran tipografi Unika dengan nama Aksarasa#01 menjadi salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur & Desain Unika Soegijapranata.

“Pameran yang diselenggarakan selama dua hari yaitu hari Kamis (28/6) dan Jumat (29/6) ini  mengusung tema “Damai Indonesia ku” dan menjadi wujud kreatifitas maupun aktualisasi keilmuan yang diterima oleh para mahasiswa prodi DKV Unika Soegijapranata dalam memaknai realitas sosial dan politik di Indonesia seperti pilkada dan teror bom beberapa waktu lalu,” ungkap Peter Ardhianto, S.Sn., Msn yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Prodi Desain Komunikasi Visual.

Lebih lanjut Peter mengungkapkan bahwa  pameran ini juga merupakan wujud apresiasi karya para mahasiswa DKV dan publikasi bahwa desain juga bisa berpengaruh untuk perdamaian dan persatuan Indonesia melalui kampanye-kampanye seperti pameran ini.

Selain menghelat sebuah pameran, Aksarasa#01 juga mengadakan acara workshop yang diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa dari internal Unika maupun dari luar Unika serta terbuka untuk umum.

Beberapa peserta yang mengikuti kegiatan selama dua hari ini, juga mengapresiasi penyelenggaraan pameran tipografi yang baru pertama kalinya diadakan di Unika Soegijapranata.

Tio Septiadi Wicaksono misalnya mengungkapkan bahwa pameran ini adalah merupakan wujud pengaplikasian secara manual dalam teknik tipografi yang telah didapatkannya selama kuliah.

“Dengan adanya ajang pameran ini kami berharap dapat lebih terampil dalam mengaktualkan sebuah karya, yang tentu saja masing-masing karya memiliki kesulitannya sendiri-sendiri,” terangnya.

“Beberapa hal teknis yang kami harus kami perhatikan dan praktekkan dalam karya kami adalah menyangkut ketelitian, kerapian, pengecatan yang tidak boleh keluar dari art work, penggarisan outline yang harus lurus atau menyesuaikan dengan bentuknya dan komposisi dari frame itu sendiri,” jelas Mario Fernando.

Sementara itu, Rian Sehan Nababan sebagai salah satu pembimbing sekaligus alumni DKV Unika juga mengemukakan bahwa pelaksanaan pameran dan workshop ini melebihi ekspektasinya tentang realisasi pameran tipografi ini.

“Khusus untuk mata kuliah tipografi, pelaksanaan kegiatan pameran dan workshop di amphieteater ini sudah melebihi ekspektasi kami karena sebelumnya belum pernah diadakan kegiatan seperti ini. Dan bagi mahasiswa sendiri, yang penting adalah mereka bisa belajar dan memahami bahwa kerja dalam tim apalagi dalam dunia desain ini sangat penting. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga belajar bagaimana memperlakukan medium kecil dan besar, kemudian bahan cat maupun bahan triplek yang menjadi media desain secara praktik langsung,”tuturnya.

dikutip dari : http://news.unika.ac.id/2018/07/aksarasa01-sebagai-ajang-kreatifitas-dan-aktualisasi-keilmuan/