English Bahasa Indonesia

Motion Graphic: Naga dan Buaya di Kerajaan Mintin oleh Hengky Saputra

Link Youtube:

https://youtu.be/6VOOuIsyEFQ

Karya oleh Hengky Saputra
TADKV XVI
DKV Unika SOEGIJAPRANATA
2019/2020
———————————————–
Motion Graphic ini dibuat untuk memperkenalkan kembali cerita rakyat “Raja Pulau Mintin”, Kalimantan Tengah. Di sisi lain, cerita rakyat ini juga mempunyai makna bahwa dalam melakukan segala sesuatu hendaknya dipertimbangkan masak-masak sebelum kemudian mengambil sebuah keputusan.

Di alur cerita, Hengky Saputra berpegang pada jalan cerita yang masih sama dengan legenda kerajaan Mintin. Hengky juga memadukan penyampaian narasi dan dengan sedikit dialog untuk memperkuat gaya penyampaian cerita rakyat, yaitu budaya Tutur.

Karakter utama dalam cerita yaitu Buaya dan Naga, mengunakan pendekatan simbol dari gaya visual yang ada pada budaya tradisional Kalimantan Tengah.

Pada gaya pakaian dan rumah tradisional, menggunakan pendekatan dari desain tradisional Kalimantan Tengah. Lalu motif ornament yang ditampilkan pada beberapa scene utama, menggunakan pendekatan ornament dari masyarakat Kalimatan Tengah. Strategi kreatif tersebut digunakan Hengky untuk memperkuat karakter budaya Kalimantan Tengah di dalam karya motion graphic-nya.

Dalam pembuatannya karya tugas Proyek Akhir DKV ini dimulai dari penyusunan konsep, pengerjaan visual motion graphic, dan pengisi suara, hingga tahap rendering. Keseluruhan kegiatan dikerjakan selama 5 bulan, di bawah pembimbingan Bayu Widiantoro selaku dosen pembimbing.

#ProyekAkhir #PADKV #MotionGraphic #DKVUnika

———————————————–

Website : http://akademik.unika.ac.id/dkv/

Follow DKV Unika SOEGIJAPRANATA at
Instagram – https://www.instagram.com/dkv_unika/

Follow LURD Media at
Instagram – https://www.instagram.com/lurdmedia/
Spotify – https://open.spotify.com/user/0pqeg3c