English Bahasa Indonesia

Diskripsi Program

“Menghasilkan Doktor Ilmu Lingkungan Yang Memiliki Kapabilitas Kepemimpin Lingkungan”

Pada 2017, melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 620/KPT/1/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Doktor pada Universitas Katolik Soegijapranata di Semarang yang diselenggarakan oleh Yayasan Sanjojo, Pemerintah telah memberi ijin operasional kepada Universitas Katolik Soegijapranata (Unika Soegijapranata) untuk menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL).

PDIL Unika Soegijapranata didesain khusus sebagai program doktor berbasis pendekatan interdisiplin (interdiciplinary approach) dan transdisiplin (transdiciplinary approach). Yaitu, pendekatan yang mengintegrasikan dan mensinkronkan berbagai disiplin ilmu untuk menghasilkan suatu disiplin ilmu pengetahuan baru. Disiplin ilmu baru yang dihasilkan tersebut adalah Ilmu Lingkungan (Environmental Science) dengan fokus kajian pada Kepemimpinan Lingkungan (Environmental Leadership).

Mengapa harus Ilmu Lingkungan dengan konsentrasi pada Kepemimpinan Lingkungan? Jawabnya, karena secara konseptual, Ilmu Lingkungan merupakan kelompok ilmu-ilmu (a group of sciences) yang mempelajari hubungan antara sistem manusia dan sistem lingkungan dengan titik perhatian pada keberlanjutan kehidupan di bumi serta alternatif pemecahan masalah kerusakan dan pencemaran lingkungan oleh kegiatan manusia (Colin, 2014; Galang, 2009; Botkin & Keller, 2010).

Sementara konsentrasi studi pada Kepemimpinan Lingkungan (Environmental Leadership) didasarkan pada asumsi teoritis dan realitas empiris bahwa kualitas dan integritas kepemimpinan dari para pemimpin organisasi (organization leaders) memiliki peran sangat penting dan strategis dalam mengatasi permasalahan lingkungan (tone of the top). Permasalahan lingkungan itu sendiri sangat kompleks karena tidak hanya berkaitan erat dengan isu-isu teknis dan fisik lingkungan, tetapi juga berkaitan erat dengan isu-isu sosial, ekonomi, politik, kepemimpinan, dan lainnya. Karena itu, salah satu solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan juga permasalahan sosial dan ekonomi adalah perguruan tinggi perlu mengembangkan kapasitas kepemimpinan lingkungan yang interdisipliner (Mino & Hanaki, 2013). Ketiga permasalahan tersebut sesungguhnya saling beririsan satu sama lain (Elkington, 2001; Lako, 2015)

Berkenaan dengan hal tersebut dan sesuai juga dengan motto yaitu “Talenta Pro Patria et Humanitate” yaitu Unika Soegijapranata harus senantiasa berperan aktif dalam upaya bersama masyarakat dan pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan Tanah Air dan kemanusiaan, maka mulai Tahun Akademik 2017/2018 Unika Soegijapranata membuka dan menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) dengan konsentrasi pada Kepemimpinan Lingkungan. Program ini dirancang khusus untuk menghasilkan para doktor lingkungan yang memiliki kapabilitas dalam kepemimpinan lingkungan.




Konsentrasi dan Bidang Kajian

Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan (PSDIL) Unika Soegijapranata merupakan program doktor berbasis riset dengan pendekatan interdisiplin-transdisiplin. Konsentrasi keahlian dari PSDIL Unika Soegijapranata adalah Kepemimpinan Lingkungan (Environmental Leadership atau Green Leadership).

Ada empat bidang kajian utama dalam PSDIL Unika Soegijapranata, yaitu:

  1. Kajian pemecahan masalah lingkungan. Kajian ini dapat mencakup teologi, etika, sistem manajemen, tatakelola korporasi, eko-literasi, perilaku lingkungan, psikologi, pendidikan, hukum, komunikasi, politik, ekonomi, bisnis, lingkungan, gaya hidup ekologis, dan lainnya.
  2. Kajian relasi manusia, bisnis dan lingkungan. Kajian ini dapat meliputi tanggung jawab sosial dan lingkungan korporasi, tatakelola korporasi, ekonomi hijau atau ekonomi lingkungan, sustainabilitas korporasi dan bisnis, bisnis hijau, manajemen lingkungan, keuangan keberlanjutan, akuntansi keberlanjutan atau akuntansi hijau, pajak lingkungan, pembangunan berlanjutan, kepemimpinan lingkungan, tatakelola korporasi dan lingkungan; hukum lingkungan, dan lainnya.
  3. Kajian pencemaran dan kerusakan lingkungan (Kajian Lingkungan). Bidang kajian ini dapat meliputi teknologi, geologi, ekologi, inovasi dan teknologi hijau, energi hijau, bangunan hijau, hidrologi, sustainable design, sustainable agro-food supply chain, kimia dan lainnya.
  4. Kajian Valuasi Lingkungan. Bidang kajian ini dapat mencakup ekonomi lingkungan, audit lingkungan, keuangan lingkungan, akuntansi lingkungan, hukum lingkungan, manajemen lingkungan, teknologi lingkungan, teknologi lingkungan, tanggung jawab sosial korporasi, geologi, kelautan dan lainnya.

Dalam melakukan kajian terhadap bidang-bidang keilmuan tersebut dan publikasi karya ilmiah untuk kepentingan penyelesaian disertasi,mahasiswa dan pembimbing diharapkan menggunakan pendekatan interdisiplin dan transdisiplin.



Visi, Tujuan dan Sasaran

Visi dari PSDIL Unika Soegijapranata adalah menjadi program doktor yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas dalam bidang lingkungan dan kemimpinan lingkungan berlandaskan nilai-nilai Kristianitas (cinta kasih, jujur, bertanggung jawab, dan adil)

Sementara tujuan dari PSDIL Unika Soegijapranata adalah:

  1. Menghasilkan doktor ilmu lingkungan yang mampu mengembangkan dan mengaplikasikan teori baru dalam bidang lingkungan untuk mengatasi dinamika permasalahan sosial-lingkungan dan ekonomi yang dihadapi masyarakat modern dan multikultural.
  2. Menghasilkan proses pendidikan yang berkualitas bagi para mahasiswa agar mereka mampu menggunakan posisi strategisnya dalam pemecahan terhadap permasalahan sosial-ekonomi dan lingkungan bangsa.
  3. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam melakukan penelitian di bidang lingkungan sehingga mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat.
  4. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas dan bereputasi nasional dan internasional yang bermanfaat bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat luas dalam pengambilan keputusan dan kebijakan serta pengelolaan lingkungan.

Sasaran PDIL adalah menghasilkan Doktor Ilmu Lingkungan yang memiliki kapabilitas, kapasitas dan integritas Kepemimpinan Lingkungan. Sebagai pemimpin atau calon pemimpin para lulusan PDIL diharapkan menjadi pemimpin yang memiliki visi dan misi kepemimpinan lingkungan yang kuat dalam membantu organisasi, negara, dunia usaha dan masyarakat dalam mengatasi isu-isu lingkungan. Kapabilitas dan kapasitas tersebut dibentuk melalui proses interaksi perkuliahan, proses pembimbingan riset dan publikasi karya-karya ilmiah dalam jurnal-jurnal bereputasi dan penerbitan buku karya disertasi.

Secara khusus, karakteristik Kepemimpinan Lingkungan yang ingin diwujudkan PDIL Unika Soegijapranata adalah kepemimpinan yang berciri holistik, sistemik, dan etis. Kepemimpinan Lingkungan mensyaratkan sudut pandang jangka panjang dalam mencermati tren masa depan dengan sepenuhnya menyadari bahwa lingkungan terbatas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri. Kepemimpinan Lingkungan berbasis pada cara berpikir sistem – bukan sepenggal-sepenggal. Nilai-nilai utama dalam paradigma Kepemimpinan Lingkungan adalah spiritualitas, keutuhan, keterkaitan, keadilan masyarakat, saling ketergantungan, dan keberlanjutan atau kelestarian.