English Bahasa Indonesia

Bisnis Ramah Lingkungan ala Mardiana Ayu

mardiana

Mardiana Ayu Pertiwi, salah satu mahasiswi FBS angkatan 2015 yang mengambil jurusan Englishpreneurship ini, mengakui bahwa dirinya telah menjalani bisnisnya sendiri. Bisnisnya pun cukup menarik, terlebih lagi dikalangan ibu-ibu. Ia memasarkan sebuah tas dari bahan sintetis. Dibagian luar tas ini, dilapisi dengan kemasan kopi atau kemasan pelembut pakaian yang sudah tidak terpakai lagi.

“Jadi, awalnya menjual tas ini ya karena dalam rangka Final Project. Ya saya berpikir, kalau makanan nanti basi, akhirnya membuat tas ini lalu dijualkan”, jelas Mardiana.

Mardiana Ayu Pertiwi atau yang akrab dipanggil Kak Mar ini menuturkan bahwa produknya adalah produk handmade sehingga membutuhkan waktu sekitar 1 minggu dalam pembuatannya dan harga yang dibandrol pun cukup terjangkau.

“Nah, dalam pembuatan tas ini, pasti motif yang diberikan berbeda-beda. Ada yang bermotif bunga. Ada pula yang batik”, tambah Mardiana.

Dalam memasarkan produk tersebut, Mardiana mengaplikasikannya dengan salah satu mata kuliah yakni Media and Technology, sehingga ia memiliki website sendiri untuk memasarkan produknya. Dengan begitu, wanita muda ini memberi kemudahan bagi pembeli untuk membeli produknya.

Selain itu, pemilik website mardibag.site123.me/ ini secara tidak langsung mengurangi sampah yang ada di lingkungan sekitarnya. (red/jpy)