English Bahasa Indonesia

Asah Kemampuan Berbisnis melalui Project 8

image

Project 8 atau Project Eight adalah salah satu kewajiban yang diberikan oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata bagi para mahasiswa yang mengambil konsentrasi Englishpreneurship. Tujuan dari project ini adalah untuk melatih para mahasiswa agar menjadi Entrepreneur yang handal. Setiap semester para mahasiswa Englishpreneurship diwajibkan untuk melakukan suatu project yang berkaitan dengan bisnis.

Pada semester genap ini sudah terdapat 56 (lima puluh enam) project yang dilakukan oleh para mahasiswa Englishpreneurship.

Pembimbing project 8, Yimmy Iskandar ST MBA mengatakan bahwa para mahasiswa sudah sangat kreatif dalam melakukan project 8. “Sejauh ini mereka sudah sangat kreatif. Tapi, memang banyak yang terjebak di dalam sektor usaha kuliner. Sementara, untuk sektor usaha yang lain, mungin karena modal yang lebih besar dibanding usaha kuliner sehingga mereka jarang mengajukan bisnis non – kuliner”, tambahnya.

Yimmy Iskandar ST MBA pun menyampaikan suka duka yang dialami selama membimbing Project 8. “Saya suka ketika melihat mereka menemukan ide – ide yang baru, fresh, yang unik, seperti itu ya, dan mereka bisa mengerti apa yang kami ajarkan. Tapi dukanya itu ketika mereka sudah kami jelaskan berulang kali namun masih belum paham. Jika seperti itu, ya kami menjelaskan lagi. Terutama mereka itu kelemahannya di bagian matematika”, jelasnya.

Dari 56 (lima puluh enam) project, project yang terealisasikan telah mencapai 20%.

Yimmy Iskandar ST MBA tidak lupa berpesan untuk para mahasiswa Englishpreneurship. “Buatlah suatu project yang memang ketika lulus itu bisa dijadikan tumpuan hidup bukan untuk diri sendiri tapi nanti sampai berkeluarga pun itu mencukupi. Bisa untuk menunjang biaya hidup”, tandasnya.

Di masa mendatang, para mahasiswa Englishpreneurship akan diajarkan mengenai marketing communication untuk menunjang dalam pemasaran produk.