English Bahasa Indonesia

Kompetisi Debat Hukum dengan tema “Hukum dan Kemanusiaan”

Dalam rangka melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus agar secara aktif lebih mengenal hukum, dan berpartisipasi dalam peUntitled-3mbangunan hukum di Indonesia, maka Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) Unversitas Katolik Soegijapranata menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Hukum dengan tema “Hukum dan Kemanusiaan”.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis, 24 Agustus 2017- Jumat, 25 Agustus 2017, merupakan kompetisi kedua yang terdiri atas dua kategori, yaitu Kategori Angkatan (peserta adalah Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum dari setiap Angkatan) dan Kategori SMA (peserta adalah siswa SMA di Semarang).

 Sebagai wadah untuk melatih daya kritis dan menyampaikan argumen yang terkait dengan kasus-kasus hukum dan pemahaman serta mengaplikasikan Konstitusi, maka sistem debat yang diselenggarakan dilakukan dengan mempertemukan dua tim dengan posisi yang berbeda (pro kontra) dalam suatu kompetisi. Sebelum pertandingan dimulai, tiap tim diberikan waktu untuk melakukan case building. Pembicara tim kemudian menyampaikan pemaparan pembuka serta posisi terhadap topik perdebatan. Setiap tim secara bergantian menyampaikan bidasan atas argumentasi yang disampaikan oleh pembicara tim lawan, dan tim lain dapat melakukan interupsi.  Pada tahap akhir, setiap tim menyampaikan kesimpulan atau closing statement untuk lebih meyakinkan Dewan Juri tanpa menambahkan argumen baru.

Tema-tema yang diangkat dalam kini yaitu:

  1. Larangan Merokok di Ruang Publik/Umum
  2. Perlindungan Hukum bagi Kaum Homoseksual dan Trans Gender
  3. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
  4. Tata Tertib Sekolah sebagai Sarana Pencegahaan Bullying
  5. Polemik Pasal 2 ayat 1 UU No 1 Tahun 1974 terhadap Larangan Perkawinan Beda Agama

Berdasarkan haUntitled-2sil penilaian yang terdiri dari nilai substansi, gagasan dan solusi, etika dan penyampaian, serta kerjasama tim, Dewan Juri memutuskan Pemenang Lomba untuk Kategori Angkatan (Mahasiswa) yaitu:  Angkatan 2015 (Juara I), Angkatan 2014 (Juara II), Angkatan 2016 (Juara III). Sedangkan untuk Kategori SMA, pemenang Kompetisi yaitu: SMA Terang Bangsa (Juara I), SMA Kristen YSKI (Juara III), SMAN 3 (Juara III).