English Bahasa Indonesia

Tentang Ilmu Hukum

Universitas Katolik Soegijapranata sebagai perkembangan dari Institut Teknologi Katolik Semarang yang merupakan kelanjutan dari Universitas Katolik Atma Jaya Semarang membuka Fakultas Hukum pada tanggal 5 Agustus 1982 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Sandjojo Nomor :175/YS/SK/VII/1981. Tahun 2003.

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 015/BAN-PT/Ak-VII/S1/VII/2003 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum Universitas Katolik Soegijapranata dinyatakan TERAKREDITASI dengan Peringkat  A.

Peringkat  A ini tetap dipertahankan pada Akreditasi BAN-PT Tahun 2009, berdasarkan SK BAN-PT No.001/BAN-PT/Ak-XII/S1/III/2009 yang berlaku sampai dengan tanggal 14 Maret 2014.

Kembali mendapatkan kabar baik di awal tahun 2015 dengan keluarnya Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 462/SK/BANPT/Akred/S/XII/2014 yang menyatakan bahwa program studi S1 Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi A sebagai hasil dari visitasi oleh BAN-PT pada tahun 2014.

 

VISI dan MISI

Visi

Menjadi komunitas pembelajar dalam bidang ilmu hukum yang humanis dan kritis

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dalam bidang ilmu hukum yang bermutu, terencana, tertib, disiplin dan konsisten.
  2. Mengadakan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang ilmu hukum yang hasilnya dipublikasikan secara luas bagi kepentingan masyarakat.
  3. Mendorong proses pemahaman, pengembangan dan penerapan hukum yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, kebenaran, kebebasan, keterbukaan, dan kejujuran.
  4. Mengembangkan hukum dan ilmu hukum yang dijiwai oleh wawasan dan semangat kebangsaan.
  5. Mengembangkan hukum dan ilmu hukum yang peduli terhadap lingkungan dan kelompok masyarakat yang tersisih, terutama perempuan dan anak-anak.

Asas dan Tujuan Pendidikan

Asas Pendidikan sebagaimana dinyatakan dalam Statuta Universitas Katolik Soegijaparanata, adalah :

  1. Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 serta berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Sebagai lembaga perguruan tinggi swasta katolik, diinspirasikan oleh prinsip dasar Kristiani yaitu cinta kasih dan hormat terhadap martabat manusia dan berpedoman pada konstitusi apostolik Ex Corde Ecclesiae tentang universitas katolik yang menekankan nilai- nilai : cinta akan kebenaran, keadilan sosial, kebebasan, keterbukaan, persaudaraan dan semangat pelayanan.
  3. Meneruskan semangat Mgr. A. Soegijapranata yaitu semangat perjuangan dan pengabdian bagi nusa dan bangsa serta memberikan perhatian khusus kepada golongan masyarakat lemah sesuai dengan ruang lingkup Universitas Katolik Sogijapranata sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta.
  4. Memberikan perhatian pada permasalahan aktual masyarakat Indonesia khususnya masalah pemukiman yang berwawasan lingkungan (eko pemukiman) yang ditetapkan menjadi Pola Ilmiah Pokok Universitas, yang harus diwujudkan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Program  Studi  Ilmu  Hukum  pada Pendidikan Program Sarjana Strata 1 (S1) Fakultas Hukum bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi sarjana hukum yang :

  1. Etis, profesional, jujur, disiplin, dan memiliki kemampuan kepemimpinan.
  2. Menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan, serta memiliki semangat cinta kasih dengan memberi perhatian khusus terhadap lingkungan, kelompok masyarakat tersisih, terutama perempuan dan anak-anak.
  3. Menguasai hukum nasional dan mengenal hukum asing.
  4. Menguasai dasar ilmiah dan kemahiran kerja untuk mengembangkan hukum dan ilmu hukum.
  5. Peka dan mampu menganalisis masalah hukum dan keadilan dalam masyarakat.
  6. Mampu menggunakan hukum sebagai sarana untuk memecahkan masalah kemasyarakatan dengan bijaksana dan berdasarkan atas prinsip hukum.
  7. Mampu menyampaikan pemikiran secara lisan maupun tertulis dengan baik.
  8. Mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mengembangkan kompetensinya.