English Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN PROSPEK LULUSAN

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Program Studi Ilmu Hukum Universitas Katolik Soegijapranata memiliki standar kompetensi sebagai berikut:

  1. Sikap etis, profesional, jujur, disiplin, dan menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan, serta memiliki semangat cinta kasih dengan memberi perhatian khusus terhadap lingkungan, kelompok masyarakat tersisih, terutama perempuan dan anak-anak.
  2. Kemampuan untuk menguasai serta mengembangkan hukum dan ilmu hukum.
  3. Ketrampilan menggunakan hukum sebagai sarana untuk menganalisa dan memecahkan masalah kemasyarakatan berdasarkan prinsip hukum, baik sendiri, maupun dalam tim.

PROSPEK LULUSAN

Lulusan program studi Ilmu Hukum memiliki prospek yang baik karena dapat memasuki hampir semua bidang pekerjaan, baik sebagai praktisi (profesional) di bidang hukum seperti hakim, jaksa, advokat, kurator, notaris, maupun bekerja di berbagai kantor/instansi/lembaga/perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa hampir semua kantor/instansi/lembaga/perusahaan pasti membutuhkan ahli hukum (legal officer atau in-house lawyer).

Selain itu tentu dapat pula berkarya sebagai usahawan, politisi, akademisi ataupun peneliti.

Kesempatan berkarya di berbagai bidang tersebut semakin terbuka lebar bagi lulusan Program StudiĀ  yang telah dipersiapkan dan dibekali, baik aspek hard-skill (ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek di bidang hukum) maupun soft-skill (leadership, pengembangan kepribadian, berorganisasi) selama kuliah.