English Bahasa Indonesia

Workshop Ide Penelitian dan Penyusunan Proposal

clip_image002

Dalam rangka persiapan pendirian program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter, Unika Soegijapranata aktif untuk membekali para dosen dengan ilmu yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk pengembangan diri, maupun fakultas dan universitas. Unika Soegijapranata mengirimkan beberapa dosen tetap untuk mengikuti workshop dengan tema Ide Penelitian dan Penyusunan Proposal. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Biomedik Universitas Diponegoro dan diadakan pada tanggal 8-9 September 2018 di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Workshop ini sebagian besar diikuti oleh para residen, terutama yang sudah mulai mempersiapkan untuk penelitian akhir. Selain itu juga diikuti oleh beberapa dokter dari instansi lain di luar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan para dosen memiliki bekal ilmu yang lebih dalam hal penelitian dan penulisan proposal.

Materi yang diberikan antara lain mengenai formulasi tujuan penelitian, penyusunan proposal yang baik, ethical clearance, kolaborasi dalam riset, rencana anggaran, serta penyusunan sitasi dengan aplikasi. Selain pemberian materi dari pembicara juga dilakukan praktik bersama menggunakan aplikasi untuk mempermudah penyusunan sitasi. Para peserta juga diberi tugas untuk membuat draft rencana penelitian yang kemudian akan didiskusikan bersama fasilitator.

Workshop ini sangat penting karena dosen memiliki kewajiban untuk menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Dalam poin penelitian dan pengembangan, dosen dituntut untuk tidak hanya hanya melakukan transfer ilmu yang sudah tersedia saja, namun perlu mengembangkannya lagi melalui berbagai kegiatan penelitian. Dalam hal ini, pemerintah juga menyediakan dana hibah untukmelakukan penelitian. Dana itu bisa didapatkan dengan pengajuan proposal yang baik. Oleh karena itu pengetahuan mengenai cara menyusun proposal hingga akhirnya dapat diterima oleh pemberi dana adalah hal yang penting untuk diketahui para dosen. Selain itu, para dosen juga pasti akan melanjutkan terus pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dimana akan dituntut untuk menulis tesis, disertasi, dan sebagainya. Dengan memiliki pengetahuan yang baik mengenai penulisan maka akan semakin memudahkan para dosen dalam menjalani studi nantinya.