English Bahasa Indonesia

Dosen FK Unika mengikuti Kursus Imunologi Dasar di UGM

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata baru saja menerima izin untuk membuka Fakultas Kedokteran pada Februari lalu. Dalam rangka persiapan dan pengembangan SDM Dosen yang akan mengajar mulai tahun ajaran 2019/2020, 2 orang dosen Prodi Kedokteran jenjang Sarjana mendapat kesempatan untuk mengikuti kursus imunologi dasar yang diselenggarakan oleh program Studi S2 Kedokteran tropis UGM pada 21-23 Maret 2019. Kegiatan yang diikuti dr. Satrio Adi Wicaksono dan dr. Matilda Stella Pradnya tersebut diselenggarakan di ruang kuliah lt 1 Gd. Radiopoetra di dalam kompleks Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawat UGM. Kursus tersebut diampu oleh guru besar dan staf ahli dari berbagai departemen terkait di UGM.

Pada hari Pertama, Kursus dititikberatkan pada kegiatan kuliah yang diampu oleh Prof. dr. Marsetyawan H.N.E Soesatyo, M.Sc, PhD, Prof. drh. Widya Asmara, SU, Ph.D, Prof. Dr. drh. Wayan Tunas Artama, dan Dr. dr. Mahardika Agus, W, DTM&H, MKes dengan materi terkait dasar imunologi, ­Antigen Presenting Cell Mechanism, HLA- Receptor, T-Cell Mediated Immunity, dan Mucosal Immunity.

Pada Hari kedua, Sesi Pagi dibuka oleh Prof. Dr. drh. Wayan Tunas Artama dengan Hybridoma Technology dan Monoclonal Antibody dan dilanjutkan oleh Prof. dr. Supargiyono, DTM&H, SU, Ph.D dengan aplikasi Teknik imunologi pada diagnosis penyakit. Dr. dr. Mahardika Agus, W, DTM&H, MKes kembali mengisi kelas kursus dengan materi isolasi dan observasi aktifitas fagositik makrofag sebelum ditutup oleh Dr. Dra Ning Rintiswati, MKes mengenai manipulasi makrofag manusia Pada sore hari, peserta kursus mendapat kesempatan untuk melakukan latihan pengecatan Imunohistokimia yang dibawakan oleh dr. Nur Arfian, Ph.D dan praktikum ELISA yang dibawakan oleh Dr. dr. Umi Solekhah Intansari,M.Kes.,Sp.PK(K). Pada sesi ini kegiatan berjalan hangat dan cair mengingat praktikum Hands-on dilakukan di Lab Parasitologi FKKKMK UGM dan dalam pembimbingan penuh meskipun tiap peserta melakukan sendiri.

Hari Terakhir ditutup oleh praktikum isolasi makrofag dari hewan coba yakni mencit dan uji aktifitas fagositosis makrofag terhadap bahan uji latex. Sesi ini jug amerupakan sesi hands-on dimana setiap peserta dipersilahkan menggunakan alat alat dan menjalankan prosedur-prosedur yang ada. Kursus Imunologi ini diikuti tidak hanya oleh akademisi tetapi juga oleh klinisi senior baik yang akan atau sudah menempuh jenjang Pendidikan lanjutan (Subspesialisasi atau S3) dan banyak menerima respon positif dari peserta.

Dosen FK Unika mengikuti Kursus Imunologi Dasar di UGM1

Dosen FK Unika mengikuti Kursus Imunologi Dasar di UGM2

Dosen FK Unika mengikuti Kursus Imunologi Dasar di UGM3