English Bahasa Indonesia

MUDA AKSI TOLERANSI

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UNIKA Soegijapranata Semarang bakal menyelenggarakan Rangkaian Acara #MUDAAKSITOLERANSI

Dalam rangka untuk menguatkan sikap toleransi antar masyarakat di Kota Semarang, nahasiswa  akan menyelenggarakan serangkaian acara yang terdiri dari Kampanye Online via Instagram, Kampanye Offline berupa Aksi Cap Tangan, Lomba dan Pameran Fotografi, dan Mini Workshop. Keseluruhan acara mengangkat tema tentang “Keberagaman di Indonesia“, di mana Indonesia sendiri memiliki keberagaman yang sangat banyak, baik budayanya, agamanya, sukunya, bahasanya, dan lain sebagainya.

Kampanye online dilakukan melalui media sosial Instagram, dengan mengunggah video dan foto yang sesuai dengan tema yang diangkat, dengan tujuan ingin menyebarluaskan tentang keberagaman apa saja yang dimiliki Indonesia, serta mengajak masyarakat untuk menghargai keberagaman yang ada. Untuk Aksi Cap Tangan (kampanye offline) akan diselenggarakan pada tanggal 11 November 2018 bertempat di Simpang Lima (Car Free Day),tepatnya di depan Gedung Telkom mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. Acara Aksi Cap Tangan ini sebagai alat pengukur sikap toleransi antar masyarakat, semakin banyak masyarakat yang memberikan aksi dianggap semakin banyak pula masyarakat yang menghargai keberagaman di Indonesia.

 

Olgi

 

Sedangkan untuk Lomba Fotografi #MUDAAKSITOLERANSI sedang diselenggarakan sejak tanggal 18 Oktober 2018 – 18 November 2018, tanggal tersebut untuk proses pengiriman karya dan sifat lombanya adalah online. Untuk juri dari lomba ini adalah Tomo Sutomo, M.I.Kom (fotografer senior Suara Merdeka), Paulus Anggara Purnamasidi S.SN (desainer UNIKA Soegijapranata) dan A. Bintang Hanto Nugroho, SE, M.A (komunitas PELITA Semarang). Diadakannya lomba fotografi ini memiliki tujuan untuk menampilkan keberagaman apa saja yang dimiliki Indonesia, yang secara tidak langsung memperlihatkan keindahan dari  keberagaman yang dimiliki Indonesia kepada masyarakat Indoensia melalui sebuah foto, sehingga mampu menumbuhkan serta menguatkan sikap toleransi atau sikap menghargai perbedaan yang ada. Untuk karya peserta lomba fotografi yang sudah dikirimkan akan ditampilkan dalam Pameran Fotografi #MUDAAKSITOLERANSI

Pameran Fotografi #MUDAAKSITOLERANSI akan diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2018 bertempat di Tekodeko, Kota Lama, Semarang. Mini workshop dengan topik “Mengkomunikasikan Keberagam Indonesia Melalui Fotografi“ pun akan ada dalam pameran tersebut. Selain menampilkan karya peserta dan mini workhop, pengumuman pemenang lomba juga akan diumumkan di akhir acara pameran. Pameran Fotografi tersebut sekaligus menjadi acara penutup dari rangkaian acara #MUDAAKSITOLERANSI.

 

Contact Person: Olga Dinar Nugroho (HP  08998822409).