English Bahasa Indonesia

Aksi Cap Tangan Pengukur Kepedulian Masyarakat terhadap Toleransi Keberagaman

Minggu 11/11   mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FHK Unika Soegijapranata Semarang telah melaksanakan Campaign 11.11 dengan tema  Keberagaman Agama di Indonesia,  berupa aksi cap tangan pada Car Free Day Simpang Lima [tepatnya di seberang gedung ACE Hardware]. Ada pun tujuannya adalah mengukur seberapa banyak masyarakat Semarang yang peduli terhadap keberagaman di Indonesia, dan mengukur seberapa banyak orang yang mau berpartisipasi dalam ajakan untuk bersikap toleransi terhadap keberagaman yang ada.

1111_181126_0004

Berdasarkan data yang sudah diambil oleh panitia, sebangak 529 orang ikut berpartisipasi dalam aksi cap tangan ini, dan sebanyak 738 cap tangan menghiasi MMT yang telah disiapkan. MMT yang awalnya hanya memiliki gambar peta Indonesia, selanjutnya dihiasi oleh cap tangan yang bermacam-macam warnanya. Keberagaman warna pada MMT tersebut menggambarkan keberagaman di Indonesia.

1111_181126_0010

Tidak hanya Aksi cap tangan yang dilakukan, orasi pun mengiringi aksi tersebut, yaitu orasi mengenai Keberagaman di Indonesia, orasi yang mengajak orang untuk mau bersikap Toleransi agama sehingga Indonesia menjadi negara yang aman, damai, dan nyaman bagi masyarakatnya. Dengan membawa MMT dan tulisan AKU INDONESIA, panitia berkeliling di area Car Free Day sebagai bukti nyata bahwa ada banyak orang yang peduli dengan keberagaman diIndonesia, serta mendukung sikap toleransi terhadap keberagaman tersebut, mulai dari usia dini hingga tua. Sikap yang positif harus ditanamkan sejak dini, sebab masa depan negara ini ada di tangan mereka. Umur bukanlah suatu halangan bagi orangtua untuk berani mengambil sikap. Demi keutuhan dan kedamaian Indonesia, umur boleh saja bertambah, tetapi jiwa tetap harus muda.

#MUDAAKSITOLERANSI

cki-bus