English Bahasa Indonesia

MUSIKALISASI PUISI

MARLO1

Pada Kamis (5/11) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK) menggelar acara Lomba Musikalisasi Puisi SMA se-Kota Semarang dengan tema Suarakan Bumi Kita di Ruang Theater UNIKA SOEGIJAPRANATA. Lomba Musikalisasi Puisi dengan nominasi: SMA Don Bosco, SMA SMA Karangturi, SMA Negeri 6, dan SMA Sultan Agung. Selanjutnya SMA Karangturi muncul sebagai pemenang. Selain lomba pada acara ini terdapat sesi seminar yang dipresentasikan oleh Bank Sampah Resik Becik dan Atmosphere dengan mengedukasi dan menginformasikan mengenai apa yang terjadi dengan bumi kita, seberapa besar dampak negatif sampah untuk lingkungan hidup kita, serta program kerja yang dimiliki oleh Bank Sampah Resik Becik dan Atmosphere.

MARLO2

“Sebenarnya saya punya misi besar dibalik acara ini. Melalui acara ini saya ingin meningkatkan balancing antara otak kanan dan kiri, jadi lewat musikalisasi puisi anak-anak SMA bisa menggunakan otak kanan mereka untuk mengolah serta mengasah bahasa dan analisa mereka. Jadi saya harap anak-anak muda sekarang aktif dan peka terhadap lingkungannya, kenali dan pahami issue yang ada lalu buatlah solusi untuk issue tersebut.  Selain itu saya ingin meningkatkan minat baca generasi muda, yang nantinya akan terlihat ketika mereka menuangkannya sebagai sebuah karya tulis salah satunya yaitu dalam bentuk puisi”, papar ketua panitia acara Irene Marlo Wibowo.

MARLO3

Pada lomba tersebut panitia acara (TIM LOKASI) berusaha sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, yang dibuktikan dengan penggunaan tumbler yang disosialisasikan kepada peserta dan penonton acara. Dan pada saat ishoma panitia menyuguhkan makanan secara prasmanan dan menyediakan gelas dan galon, tanpa ada bungkus plastik. Selanjutnya dimunculkan suatu icon, yaitu sampah botol plastik bekas yang sengaja dikumpulkan oleh panitia.   (rin)