English Bahasa Indonesia

Tentang Ilmu Komunikasi

Dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang di tahun ajaran 2013 membuka program studi Ilmu Komunikasi Strata 1 (S1) untuk mendorong lahirnya para ahli yang trampil dalam bidang komunikasi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja, baik swasta maupun pemerintah ataupun untuk membuka lapangan pekerjaan di bidang komunikasi dan industri media. Dengan menerapkan sistem perkuliahan yang berorientasi pada student centre learning untuk membangun hard skills dan soft skills. Mahasiswa didorong aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan tidak hanya melalui perkuliahan, tetapi juga melalui kegiatan pembelajaran yang variatif seperti diskusi kelompok, paparan, praktek dan lain lain, sehingga antara ketrampilan – keahlian – profesional dan keilmuan dipadu untuk menjadikan lulusannya menjadi praktisi komunikasi yang profesional.

Sebagai dasar gerak, Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata Semarang mempunyai visi, misi, dan tujuan yang dituangkan sebagai berikut:

Visi

Menjadi komunitas pembelajar dalam bidang ilmu komunikasi yang humanis dan kritis dengan dilandasi wawasan kebangsaan.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dalam bidang ilmu komunikasi yang bermutu, mendalam, terencana, tertib, disiplin dan konsisten.
  1. Mengadakan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang ilmu komunikasi yang hasilnya dipublikasikan secara luas bagi kepentingan masyarakat.
  2. Mendorong proses pengembangan dan penerapan bidang komunikasi demi membangun masyarakat yang komunikatif yang beretika.
  1. Mengembangkan ilmu komunikasi sesuai tuntutan kemajuan jaman dan perkembangan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan universal.
  2. Mengembangkan ilmu komunikasi yang peduli terhadap lingkungan dan kelompok masyarakat yang tersisih, terutama kelompok masyarakat tak bersuara (voiceless society), perempuan, dan anak.

 

Program Studi Ilmu Komunikasi pada Pendidikan Program Sarjana Strata 1 (S1) Fakultas Hukum dan Komunikasi    Unika Soegijapranata bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi Sarjana Ilmu Komunikasi yang:

  1. Mengasilkan lulusan yang mampu bekerja sebagai sarjanan ilmu komunikasi pada tingkat nasional dan global yang didukung oleh sikap dan perilaku yang professional dan etis;
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, membangun, dan mengelola industri media, baik media cetak, media elektronik, dan media on line (broadcast communication);
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, membangun, mengembangkan, dan menganalisis dinamika dan komunikasi secara strategis, baik skala nasional maupun internasional;
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, membangun, mengembangkan, dan menganalisis dinamika komunikasi dalam dunia bisnis, baik skala nasional maupun internasional;
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kelompok masyarakat yang tersisih (kaum marjinal), terutama kelompok masyarakat tak bersuara (voiceless society), perempuan dan anak.

Program studi  Ilmu  Komunikasi  Unika  Soegijapranata  Semarang  dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan perlunya tenaga  ahli  komunikasi yang profesional, mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerja dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Secara akademik program ini diharapkan mampu mengembangkan ilmu komunikasi itu sendiri sehingga ada keseimbangan antara pengembangan keilmuan dan aplikasinya dalam dunia nyata. Materi pembelajaran dirancang secara terintegrasi (integrated) agar bisa membimbing para mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan profesional dan ketrampilan mereka, baik secara lisan maupun secara tulisan, sesuai dengan kreatifitas dan daya komunikasi masing-masing individu.

Program studi ilmu komunikasi ini terdiri dari 2 (dua) peminatan, yaitu

Jurnalisme & Industri Media:

Jurnalisme dan Industri Media mengarahkan mahasiswa menjadi calon tenaga profesional siap pakai untuk kebutuhan industri di media cetak, elektronik dan media sosial. Selain itu juga mengarahkan mahasiswa untuk menghasilkan analis media yang kritis dan kompeten yang menggeluti bidang seperti riset komunikasi, litbang atau riset kampanye politik melalui lembaga survei atau media massa.

Komunikasi Publik dan  Strategis:

Komunikasi Strategis mengarahkan mahasiswa menjadi calon tenaga profesional siap pakai dengan memfokuskan pada kajian membentuk citra dan hubungan yang harmonis antara lembaga/instansi/perusahaan dengan publik/ masyarakat pada umumnya dengan menggunakan strategi Integrated Marketing Communications (IMC), public relations, periklanan (advertising) atau komunikasi kreatif lainnya. Disini mahasiswa belajar bagaimana mengatasi situasi yang dapat menimbulkan krisis komunikasi, mendesain proses komunikasi yang sesuai dan mengimplementasikannya termasuk di antaranya pengelolaan pesan-pesan serta bagaimana mengkomunikasikan pesan kepada publik.