English Bahasa Indonesia

SINERGI 2017 Psikologi Punya Sinergi “Light it Up, Shine and Up”

dok. pribadi sinergi 2017 (2)

          Sinergi (Ekspresi Seni dan Olahraga Warga Psikologi) adalah acara dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang. Sinergi merupakan acara yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh Bidang III Minat dan Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa Psikologi Unika. Acara ini merupakan ‘pesta rakyat’ yang sangat dinantikan warga Fakultas Psikologi Unika.

         “Pada tahun ini Sinergi mengusung tema “Light it Up” yang mana membawa pesan bagi seluruh anak muda terkhususnya muda–mudi Psikologi Unika Soegijapranata untuk ikut kembali menyalakan minat, bakat, dan potensi yang ada pada dirinya untuk terus bersinar menginspirasi orang lain” ujar Yulike Mega selaku Sie Acara Sinergi 2017. Selain itu, Sinergi 2017 memiliki empat rangkaian acara, dimulai dari yang pertama, yaitu Seminar Sex Education yang diadakan tanggal 30 Maret 2017 di SMA Negeri 1 Semarang dengan tema “Let’s Save Our Self” dengan pembicara Bapak Christa Vidya Rama Abimanyu, S.Psi.,M.Psi.

             Rangkaian acara selanjutnya yaitu Popsi (Pekan Olahraga Psikologi), yang diadakan tanggal 25-26 April 2017 di lapangan Albertus dan Sport Hall Unika Soegijapranata dengan perlombaan bidang olahraga antar angkatan Fakultas Psikologi meliputi badminton, futsal, basket, supporter dan games-games seru. Tujuan diadakannya Popsi adalah untuk mengakrabkan antar angkatan di Fakultas Psikologi. Sebelum menuju acara puncak Sinergi 2017 diadakan audisi PGT (Psychology Got Talent) yang berlangsung tanggal 10 Mei 2017 di gedung Theater Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. Audisi dalam bidang seni ini diikuti oleh tiap kelas dari angkatan 2015 dan 2016. Puncak acara ini diadakan pada tanggal 20 Mei 2017 di halaman parkir Kantor Gubernur Jawa Tengah yang terdiri dari expo dan pensi (pentas seni).

dok. pribadi sinergi 2017 (3)

          Dalam pensi juga ada penampilan dari beberapa kelas yang terpilih melalui PGT untuk tampil di panggung pensi dengan menampilkan karya seni mereka. Selain itu, ada beberapa grup musik lokal Semarang yang ikut memeriahkan acara Sinergi 2017 yaitu Story Of September, The Dormitories, Katamata, dan Figura Renata. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri ketika beberapa personil bahkan sebagian besar dari anggota grup musik lokal Semarang tersebut merupakan alumni dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata. Selain ada grup musik lokal Semarang, puncak acara ini ditutup dengan penampilan dari Abdul and The Coffee Theory. Mereka membawakan delapan lagu dari tiga album yang mereka miliki untuk memeriahkan puncak acara Sinergi 2017.

          Acara ini juga bertujuan untuk mempersatukan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Psikologi di Unika dengan perlombaan yang ada dan juga memperkenalkan pada masyarakat luas apa saja yang dimiliki Fakultas Psikologi Unika. Sinergi juga menjadi media untuk mempromosikan fakultas maupun berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), Pra-UKM, dan Club. Diantaranya ada; Sunrice, Psikoplak, Hypnomorphosis, Psychodance, dan Psychovocoustic.

          Yulike Mega mengatakan, “Lega rasanya, saya bersyukur diberi kesempatan super luar biasa oleh Tuhan untuk berdinamika bersama keluarga baru di dalam Sinergi 2017, banyak sekali pelajaran yang bisa didapat di sini. Mulailah dengan hati maka semua akan mengikuti dan berharap kedepannya Sinergi bisa terus menjadi pestanya warga Psikologi Unika Soegijapranata Semarang dan akan terus berkembang menjadi lebih dan lebih baik lagi setiap tahunnya. Tanpa dukungan dan partisipasi dari semua warga psikologi, Sinergi bukanlah apa–apa. Karena Sinergi punya psikologi dan psikologi punya Sinergi,” tambahnya.

dok. pribadi sinergi 2017

Narasumber: Yulike Mega Damayanti                                                                  Edwin Persulessy-2016 / GEMBEL

Sumber Foto: dok. Pribadi                                                                                       Editor: Maria Immaculata R.