English Bahasa Indonesia

Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata memberikan program dukungan Psikososial bagi orang-orang yang diisolasi di rumah dinas Wali Kota Semarang.

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM — Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata memberikan program dukungan Psikososial bagi orang-orang yang diisolasi di rumah dinas Wali Kota Semarang.

Psikolog yang menjadi koordinator kegiatan, Kuriake Kharismawan mengatakan, program yang dilakukan sejak 3 minggu lalu punya tujuan untuk meningkatkan immunes system pasien dengan membantu mereka dalam mengelola stres.

Bentuk kegiatan dukungan psikososial yang dilakukan di rumah dinas meliputi: sharing kelompok, konseling individual, berbagai ragam relaksasi, terapi hingga permainan dan hiburan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Ayosemarang.com, Rabu (15/7/2020).

Kegiatan tersebut dinilainya mendapat respon positif oleh pasien. Bahkan para pasien terlihat kooperatif dalam mengikuti semua kegiatan yang dilakukan satu minggu 3 kali ini.

“Sebagian pasien yang konseling dengan kami menceritakan atau menunjukkan gejala stres, yaitu asam lambung yang tinggi, sariawan, mengalami susah tidur, sakit kepala hingga eksim di kulit,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya, mengapresiasi respon dari Fakultas Psikologi yang menurunkan tim konselornya untuk membantu Pemkot dalam meningkatkan kesehatan para pasien di rumah dinas Wali Kota Semarang. “Apa yang dilakukan tim konselor Fakultas Psikologi Unika menjadi pencerminan kepekaan universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi yang sungguh hadir untuk memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat dimana saat ini sedang dalam masa sulit dan tidak tentu akibat pandemi Covid-19,” ucapnya.
———
Artikel ini sudah Terbit di AyoSemarang.com, dengan Judul Unika Beri Program Psikososial Pasien Covid-19 di Rumdin Wali Kota Semarang, pada URL https://www.ayosemarang.com/read/2020/07/15/60352/unika-beri-program-psikososial-pasien-covid-19-di-rumdin-wali-kota-semarang

Penulis: Vedyana Ardyansah
Editor : Adib Auliawan Herlambang

 

 

 

 

 

 

https://www.ayosemarang.com/read/2020/07/15/60352/unika-beri-program-psikososial-pasien-covid-19-di-rumdin-wali-kota-semarang