English Bahasa Indonesia

Tentang Psikologi

Sejarah

Memperhatikan pentingnya peran psikologi dalam tata kehidupan masyarakat, maka pada tahun 1982/1983 Rektor Universitas Katolik Soegijapranata, Dr A. Soerojo, dan Pembantu Rektor II, A.Widanti Soebijanto, SH, berusaha mengembangkan universitas dengan dibantu oleh Drs. Darmanto Jatman, SU, (UNDIP), Dra. Frieda NRH (UNDIP), Drs. Eddy Hendrarno, SU (IKIP SEMARANG), Drs ML. Oetomo (RSJ, KRAMAT-MAGELANG) untuk mendirikan Fakultas Psikologi. Usaha beliau-beliau ini terlebih dahulu diawali dengan melakukan pendekatan ke Kopertis Wilayah VI Jateng, ISPSI cabang Jawa Tengah dan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Keinginan mendirikan Fakultas Psikologi berhasil diwujudkan dan secara resmi beroperasi pada tanggal 6 Agustus 1984.

Fakultas Psikologi menyelenggarakan pendidikan Program Studi Psikologi dengan Strata Satu (S-1) berdiri pada tahun 1984 dengan ijin operasional dari Kopertis Wilayah VI Nomor 927/K/14.12/Kop.VI/V/1984 tanggal 18 Mei 1984.

Setelah berbenah diri dan memasuki tahun operasional ketiga, Fakultas Psikologi mendapatkan status TERDAFTAR dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0530/0/1986 tanggal 4 Agustus 1986.

Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 75/DIKTI/Kep/1992 tanggal 2 April 1992 Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata memperoleh status DIAKUI.

Pada tanggal 16 Mei 1995 dengan dikeluarkan/diterbitkan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomer 122/DIKTI/Kep/1995 maka Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Berstatus DISAMAKAN, dan telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan status TERAKREDITASI (B), SK Mendikbud No. 78/D/0/1997 tanggal 17 November 1997.

Pada tahun 2003 ini Fakultas Psikologi telah menerima SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 019/ BAN-PT/ Ak-VIII/ 2003 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi. Dari SK tersebut Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang berstatus baru TERAKREDITASI dengan nilai A.

Sesuai dengan ketentuan yang ada, maka 5 tahun sejak mendapatkan akreditasi yaitu pada tahun 2008 ini sedang diajukan reakreditasi Program Studi. Pada tahun 2007 Fakultas Psikologi merupakan salah satu fakultas di Unika Soegijapranata yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000.

Pada tahun 2008 telah dilakukan RE-AKREDITASI di Fakultas Psikologi dengan Nilai B, pada tahun 2014 Fakultas Psikologi dalam proses Re-Akreditasi dan mendapat hasil B. kemudian pada tahun 2015 fakultas psikologi melakukan re-Akreditasi dan mendapat nilai B.


Visi Fakultas

MENJADI KOMUNITAS AKADEMIK PSIKOLOGI YANG BERMAKNA BAGI MASYARAKAT  MULTIKULTUR DENGAN PENDEKATAN BIOPSIKOSOSIAL DILANDASI NILAI-NILAI KRISTIANI: CINTAKASIH, KEADILAN, DAN KEJUJURAN

Misi Fakultas

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang psikologi dengan pendekatan Biopsikososial yang bermanfaat bagi masyarakat multikultur
  2. Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat multikultur dengan pendekatan biopsikososial
  3. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan memadukan pengembangan karakter : kritis-kreatif-visioner, peduli dan tangguh yang dilandasi nilai-nilai kristiani.

Visi S1

MENJADI KOMUNITAS AKADEMIK PSIKOLOGI DENGAN PENDEKATAN BIOPSIKOSOSIAL DILANDASI CINTAKASIH, KEADILAN, DAN KEJUJURAN

Misi S1:

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi beratmosfir akademik menyenangkan dengan pendekatan biopsikososial dan menggunakan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang psikologi yang sensitif pada keberagaman
  3. Membaktikan keahlian psikologi di masyarakat yang multikultur.
  4. Menguasai teori dan penerapannya didasari cara berpikir logis.
  5. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian diselenggarakan dengan memadukan pengembangan karakter kritis-kreatif-visioner, peduli dan tangguh sehingga memiliki daya saing di masyarakat global

VISI MAGISTER SAINS

Menjadi komunitas akademik yang peduli terhadap kondisi masyarakat multikultur dan mampu menganalisis secara kritis, kreatif, dan etis berdasarkan Psikologi dan dilandasi nilai-nilai cinta kasih, keadilan, dan kejujuran.

MISI MAGISTER SAINS

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang mengembangkan sikap kritis dan peduli terhadap keberagaman masyarakat
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian yang etis dan kreatif dalam bidang Psikologi maupun berintegrasi dengan bidang ilmu lainnya
  3. Mendiseminasikan pemikiran-pemikiran kritis ke masyarakat secara etis

VISI MAGISTER PROFESI

Menjadi penyelenggara pendidikan profesi psikologi yang unggul, dalam menerapkan kaidah keilmuan dan etika profesi psikologi untuk menangani permasalahan pada masyarakat multikultural, berlandaskan pada nilai-nilai kristiani: cinta kasih, keadilan, dan kejujuran.

MISI MAGISTER PROFESI

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi psikologi jenjang magister yang unggul pada bidang peminatan industri dan organisasi, klinis dewasa, klinis anak dan pendidikan.
  2. Mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan psikologi serta mampu memberikan layanan psikologi berdasarkan kaidah keilmuan.
  3. Mampu melakukan penelitian dan pengabdian yang berkualitas di bidang profesi psikologi berdasarkan kompleksitas problem pada masyarakat multikultural.
  4. Menciptakan suasana akademik yang menyenangkan