English Bahasa Indonesia

Fasilitas

1. Laboratorium Psikologi Eksperimen.

Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia memiliki kajian yang sulit untuk diteliti secara langsung. Oleh karena itu banyak ahli mencoba mendalaminya dengan melakukan penelitian baik secara eksperimental maupun di lapangan.

Psikologi eksperimen berusaha mempelajari dasar-dasar eksperimen mau- pun teori-teorinya dengan mengacu pada penelitian yang dilakukan se- belumnya maupun pengembangannya. Diharapkan mahasiswa psikologi dapat menerapkan ilmu yang telah diterima di ruang kuliah dalam labora- torium secara sederhana.

2. Laboratorium Psikodiagnostika.

Dalam rangka mendidik calon psikolog yang handal, maka lembaga pendidikan yang baik adalah lembaga yang mampu membekali mahasiswanya dengan teori-teori yang memadai dan juga memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melatih/ mempraktekkan ilmunya, khususnya untuk mendiagnosis/ menentukan kondisi mental atau psikis seorang individu. Sehubungan dengan hal tersebut maka Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata mendirikan Laboratorium Psikodiagnostika.

3. Lembaga Psikologi Terapan.

Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, perlu mengambil peran di tengah masyarakat. Salah satu peran adalah dengan mengaplikasikan psikologi. Tekad itu tertuang dalam visi Fakultas yang menyatakan bahwa Fakultas Psikologi Unika Soegijaparanata bermimpi menjadi pilihan utama masyarakat dalam layanan psikologi terapan.

Sebagai langkah nyata, pada tahun 1986  didirikan Lembaga Psikologi Terapan, yang menjadi wadah bagi para staf pengajar untuk mengaplikasikan ilmu bagi masyarakat.  Dalam  perkembangannya,  pada  tahun  1996    bertambah  satu unit  layanan  psikologi  khusus  untuk  membantu  anak-anak  yang  mengalami

gangguan, yaitu Pusat Pelayanan Gangguan Perkembangan Anak (P2GPA) “Renaning Siwi” dan pada tahun 2000 dibentuk pula Centre for Giftedness (CG) yang secara khusus bertujuan untuk membantu anak-anak yang berbakat dalam mengembangkan potensi dirinya.

Dinamika yang terjadi di Fakultas Psikologi maupun makin tingginya tuntutan masyarakat akan layanan yang berkualitas, harus direspon secara tepat. Pengembangan adalah hal yang tidak terelakkan. Semua dimensi yang ada dalam pelayanan psikologi ini harus dikembangkan. Sarana-prasarana, kualitas SDM, manajemen pengelolaan dan kualitas layanan mutlak harus dikembangkan dan ditingkatkan. Salah satu usaha pengembangan yang  dilakukan adalah dengan menyatukan bebeberapa unit layanan tersebut dibawah satu manajemen pengelolaan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Maka pada tanggal 1 Oktober 2014 dibentuklah Pusat Psikologi Terapan Soegijapranata yang mengintegrasikan seluruh jenis layanan yang telah ada sebelumnya.

 Mulai Agustus 2015, Pusat Psikologi Terapan Soegijapranata akan menempati gedung baru di kampus Unika Soegijaparanata Semarang di Jl.  Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Duwur Semarang 50234.

Bidang Layanan :

1)   KLINIS ANAK

Memberikan layanan bagi anak yang mengalami hambatan/gangguan dalam perkembangannya. Bentuk layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan terpadu untuk menentukan diagniosis, konsultasi pemecahan masalah serta upaya pengembangan potensi anak. Layanan :

  • Tes IQ untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) & Tes Masuk SLB
  • Assesmen
  • Konseling
  • Terapi
  • Pelatihan bagi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus
  • Pelatihan bagi guru inklusi

2)   PENDIDIKAN

Pelayanan yang berkaitan dengan masalah pendidikan anak. Layanan :

  • Tes Minat Bakat, Tes IQ, Tes Kesiapan Sekolah
  • Tes Identifikasi anak berbakat
  • Pendampingan bagi siswa berbakat
  • Konseling Pendidikan (Kesulitan belajar, Kesulitan beradaptasi,dll)
  • Character Building bagi Siswa/ Mahasiswa
  • Pelatihan bagi guru
  • Parenting

3)   KLINIS DEWASA

Layanan konsultasi bagi masalah kesehatan jiwa remaja/ dewasa/ keluarga dengan memberikan konseling, pendampingan, terapi, relaksasi karena problem sehari-hari, keluarga, pernikahan, trauma, dll. Layanan :

  • Konseling
  • Konsultasi Karier
  • Konsultasi Pra Nikah
  • Konsultasi Keluarga/Perkawinan
  • Pendampingan Pasien
  • Pelatihan relaksasi bagi pegawai
  • Konseling pada institusi

4)   INDUSTRI/ ORGANISASI

Layanan untuk pengembangan organisasi maupun individu di dalamnya.

  • Seleksi karyawan
  • Assessment karyawan
  • Pelatihan bagi karyawan (sesuai dengan kebutuhan)
  • Pelatihan bagi karyawan yang akan pensiun
  • Penyusunan  sistem    pengelolaan    SDM    (Job    description, Kompetensi, Performance Appraisal, Performance Management, Work  Load  Analysis,  Individual  Development  Program,  dll)
  • Organizational Development (Pendampingan bagi perusahaan baru, Budaya Organisasi, dll)
  • Riset konsumen dan riset lain sesuai kebutuhan perusahaan
  • Public Training secara regular

PPT Soegijapranata memberi layanan pada hari SENIN s/d JUM’AT dari pukul 08.00 s/d 16.00. Layanan assesment dan training dapat dilaksanakan di tempat lain yang disepakati

AKSES LAYANAN :

Untuk mendapatkan layanan dapat menghubungi:

  1. Sdr. Isti Mayasari no hp. 08122801833
  2. Customer Service  no hp. 081325875513
  3. www.pptsoegijapranata.com

 

4. Pusat Penelitian dan Pengembangan Psikologi Kesehatan

Psikologi Kesehatan diakui oleh APA (American Psychological Association) pada tahun 1978. Keberadaan subdisiplin ini menunjukkan berkembangnya minat para ahli psikologi pada bidang kesehatan, khususnya hubungan kesehatan dengan tingkah laku manusia.

Pada tahun 1991 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang bekerjasama dengan beberapa ahli mengorganisir seminar sehari tentang Kesehatan dan Psikologi. Berdasarkan hasil seminar sehari tersebut Unika Soegijapranata memutuskan untuk memperdalam dan mengembangkan Psikologi Kesehatan. Psikologi Kesehatan dimasukan dalam kurikulum pendidikan Psikologi bagi mahasiswa Strata satu (S1).

Pada tahun 1993 resmi didirikan Unit Psikologi Kesehatan sebagai bagian dari Fakultas Psikologi. Keberadaan unit ini membuka peluang untuk penelitian, pendidikan, dan pelayanan masyarakat dalam bidang psikologi berkaitan dengan kesehatan.

Pada tahun 1996, berdasarkan pertimbangan bahwa psikologi kesehatan merupakan suatu kajian psikologi secara terpadu terhadap kesehatan, bukan merupakan bagian terpisah dari bagian-bagian psikologi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, dan Psikologi Industri dan Organisasi), maka nama Unit Psikologi Kesehatan diganti menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Psikologi Kesehatan.

5. Laboratorium Analisis Data

Laboratorium Analisis Data merupakan pusat layanan bagi mahasiswa, dosen, peneliti yang membutuhkan bantuan dalam menganalisis data kuantitatif. Dalam pelaksanaannya di Laboratorium Analisis Data akan dilayani oleh asisten dan didampingi konsultan analisis data yang terdiri dari tenaga dosen Fak.Psikologi.

6. Center for Trauma Recovery

Berbagai daerah di Indonesia merupakan titik rawan bencana baik bencana alam spseri gempa bumi, banjir, dan letusan gunung ebrapi maupun bencana sosial, seperti konflik horisontal ataupun vertikal. Berbagai bencana alam dan sosial memberikan dampak panjang bagi masayarakat baik sebagai individu ataupun komunitas. Dampak bencana yang mengancan eksistensi seseorang, memunculkan berbagai gejala mulai dari level individu yakni gangguan fisik, emosi, pemikiran, hingga ke masalahh di tingkat komuniktas yakni masalah sosial, ekonomi hingga budaya.

 Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh Staf Dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi baik dalam bencana sosial di Papua, Ambon, Maluku dan Poso maupun bencana alam di Aceh, Nias, DIY dan Jawa Tengah menunjukkan kebutuhan untuk mempersiapkan masyarakat memiliki ketahanan psikologis dalam menghadapi bencana dan peningkatan kemampuan profesional untuk lebih trampil di bidang trauma. Dalam banyak kasus bencana tidak dapat dihindari, namum dengan membangun budaya yang positif terhadap bencana, maka dampak negatif dari bencana dapat dieliminir.

 Center for Trauma Recovery merupakan salah satu pusat layanan Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yang didedikasikan bagi masyarakat melalui penelitian, pelatihan dan penanganan untuk memiliki ketahanan psikologis dalam menghadapi bencana dan peningkatan kemampuan profesional bidang trauma psikologis.

 Bidang  penelitian akan  menekankan  pada  penelitian di  bidang  penggunaan keahlian lokal sebagai upaya meningkatkan ketahanan psikologis dan psychoneuroscience untuk memahami dinamika trauma individual. Bidang pelatihan memberi penekanan pada pelatihan dan pemberdayaam bagi masyarakat  awam  (non  psikologis)  untuk  menjadi  caregiver  (pendamping) dan bagi profesional untuk memiliki ketrampilan dalam penagnganan trauma psikologis. Sedangkan bidang penanganan melakukan bantuan spikologis baik sebagai upaya peningkatan ketahanan spikologis masyarakat ataupun pemulihan pasca bencana.