English Bahasa Indonesia

Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata Visitasi ke Tupperware Indonesia cabang Majapahit, Semarang.

IMG_20180412_153426

Bertepatan dengan Hari Bekal Nasional (12/4/2018), Petrus Brian Brillianto, salah satu mahasiswa FBS Unika Soegijapranata berkesempatan mengunjungi salah satu cabang Tupperware Indonesia di Semarang Jalan Majapahit. Namun, ia tidak sendirian melainkan bersama beberapa rekannya yakni :

1. Mardiana Ayu Pertiwi

2. Noviana Purba Lestama

Kunjungan mereka ini dalam rangka melakukan observasi yang erat kaitannya dengan salah satu mata kuliah yakni Culture In Business. Banyak hal yang mereka jumpai pada saat observasi di kantor Tupperware cabang Semarang ini. Satu diantaranya adalah produk Tupperware yang terbuat dari bahan polikarbon. Produk inilah yang sangat menarik perhatian mereka.

“Ternyata ada salah satu produk yang terbuat dari polikarbon. Jadi, kalau itu kita banting tidak akan hancur. Kalaupun terlindas, itu tidak akan pecah. Pada awalnya, saya kira produk ini terbuat dari plastik tetapi setelah diraba ternyata bukan”, jelas Petrus.

Pada saat mereka mewawancarai salah satu tenaga kerja Tupperware, mereka mengetahui sedikit tentang sistem yang dilakukan oleh Tupperware dalam mencapai target pembeli mereka dikalangan ibu-ibu serta anak-anak.

Rapat dan Pelatihan

Selain itu, hal yang menarik bagi mereka adalah ketika seluruh pegawai mengadakan rapat. “Kan Tupperware Indonesia ini berpusat di Jakarta, dan Semarang adalah salah satu cabangnya. Nah, mereka memiliki website sendiri. Jadi, kalau ada rapat besar tidak harus semua pegawai yang di Semarang datang ke Jakarta, melainkan bisa secara online melalui website tersebut. Jadinya lebih praktis”, tambah Petrus. Setiap minggu jika Tupperware memiliki tenaga kerja baru, mereka akan diberi pelatihan bagaimana berbicara dengan para konsumen.

Petrus Brian Brillianto atau yang akrab dipanggil Petrus ini juga memaparkan bahwa beberapa aspek yang diajarkan dalam mata kuliah Culture In Business ( seperti kerja sama dalam tim, cara berkomunikasi, sistem transparan) sudah sangat dikuasai oleh Tupperware. (joy/red)