English Bahasa Indonesia

Meningkatkan Literasi melalui Cerita Rakyat Sumba

image

Pada tahun 2012, Bernardus Retang Wohangara, S.S, M.Hum yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata, menerbitkan sebuah buku yang berisi kumpulan cerita rakyat Sumba dalam bahasa lokal daerah tersebut, yakni Bahasa Kambera. Selain tertuang dalam Bahasa Kambera, ceritera rakyat dalam buku ini dilengkapi dengan terjemahannya dalam dan Bahasa Inggris.

“Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi saya untuk Sumba, untuk mendukung gerakan literasi. Terlebih lagi, supaya anak-anak mencintai tradisi Sumba”, tuturnya.

Tidak disangka, hal yang dilakukannya ini berbuah manis. Pasalnya, sekitar 1 tahun lalu, salah satu lembaga terkenal yakni Wahana Visi Indonesia tertarik terhadap buku yang ditulis oleh Bernardus Retang Wohangara.

Ia pun membeberkan bahwa Wahana Visi Indonesia mengambil 4 cerita dari buku tersebut lalu dikemas ulang menjadi sebuah buku yang lebih menarik lagi bagi anak-anak dengan diberi gambar serta menggunakan Bahasa Indonesia. “Buku ini tidak diperjualbelikan. Jadi, murni untuk mendukung gerakan literasi”, tandasnya. – red/joy.