English Bahasa Indonesia

Teknologi sebagai Sahabat dan Penggerak Perekonomian Mitra Binaan KKU

IMG-20180608-WA0001[1]

Sabtu, 26 Mei 2018 lalu, bertempat di selasar Gereja Katolik St. Petrus Sambiroto Semarang, Dr. Heny Hartono, S.S.,MP.d selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKU Unika Soegijapranata wilayah Sambiroto bersama Asisten Pembimbing Lapangan (APL) mengadakan workshop bagi para mitra binaan KKU di wilayah Sambiroto untuk memajukan bisnis yang tengah mereka jalani.

Setidaknya workshop ini melibatkan 10 mitra binaan yang dibimbing oleh para mahasiswa KKU yang terdiri dalam 5 kelompok yang ditugaskan di wilayah Sambiroto. Para mitra tersebut memiliki bisnis yang berbeda beda.

IMG-20180608-WA0005[1]

Workshop ini berupa pelatihan pemanfaatan teknologi. ‚ÄúPara mahasiswa dan saya selaku DPL sebelum melaksanakan program ini, telah melakukan observasi terhadap para mitra, lalu kami menemukan masalah umum yang dihadapi para mitra yakni masalah pemasaran. Lalu, tercetuslah ide untuk memberi edukasi terhadap mereka berupa pelatihan teknologi”, jelas Heny.
Para mitra diajarkan oleh dosen dan didampingi para mahasiswa untuk mempromosikan produk mereka melalui Google Bisnis dan salah satu sosial media yang terkenal yakni Instagram.

Untuk memperlancar workshop ini, Ibu Heny Hartono juga menjalin kerja sama dengan salah seorang dosen Fakultas Ilmu Komputer yakni Pak Marlon. Selain itu, beliau pun mengajak Ibu Cecilia Titiek Murniati untuk ikut mendampingi dalam kegiatan workshop ini.

Di akhir kegiatan, hampir seluruh mitra yang terlibat dalam acara ini telah mendaftarkan usaha mereka di google bisnis dan membuka akun instagram untuk memasarkan produk mereka. Para mitra mengaku sangat antusias dan mendapatkan manfaat dari kegiatan lokakarya dan pendampingan dari para mahasiswa KKU dalam penggunaan teknologi untuk mengembangkan usaha mereka. red/joy