English Bahasa Indonesia

Mahasiswi FBS Menambah Ilmu Dunia Jurnalistik bersama Muda Kompas

image

Jumat (28/9) lalu, dua mahasiswi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata (Unika) yakni Johana Joy Artamira dan Syifaa Grizilia, mengikuti seminar serta workshop dengan tema “Extraordinary Citizen Journalism” yang diselenggarakan oleh Kompas Corner Unika. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Kompas Corner Unika Gedung Thomas Aquinas Lantai 1 dari pukul 13.30 hingga 17.30 WIB

“Saya mengikuti kegiatan ini karena saya sangat menyukai dunia jurnalistik. Saya suka menulis berita-berita. Jadi, begitu tau ada kegiatan ini, saya langsung mendaftarkan diri” jelas Joy pada saat diwawancarai oleh Tim Social Media Buzzer FBS Unika.

Joy pun menuturkan bahwa seminar serta workshop “Extraordinary Citizen Journalism” mendatangkan Budi Suwarna yang berprofesi sebagai Kepala Desk Muda Kompas selaku pemateri.

“Jadi dalam sesinya, beliau menyampaikan agar mahasiswa menjadi Citizen Journalist yang baik; menulis berita maupun artikel sesuai kaidah penulisan yang ada serta mampu membedakan mana yang berita asli dan mana yang hoax,” tambah Joy.

Setelah pemaparan materi oleh Budi Suwarna ,kegiatan selanjutnya adalah workshop. Para peserta berdinamika dalam kelompok dan mereka diminta untuk menulis berita mengenai fenomena mahasiswa di lingkup Unika Soegijapranata.

“Jadi, kami para peserta tergabung dalam kelompok untuk menulis berita. Kebetulan sekali saya satu tim dengan Joy. Ada dua mahasiswa lain yang tergabung dalam kelompok kami. Mereka dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Serafina Elsa dan Alyna Elsa Gunawan. Lalu, kami menentukan untuk menulis berita mengenai acara yang kami ikuti ini (Extraordinary Citizen Journalism). Karena menurut kami, itu kan ya termasuk fenomena mahasiswa Unika”, tutur Syifaa.

Untuk melancarkan proses penulisan berita, maka mereka mewawancarai dua narasumber yakni Aude Gardika selaku ketua pelaksana seminar dan workshopExtraordinary Citizen Journalism” serta Alfa Karunia Imanuel yang merupakan salah satu peserta kegiatan ini.

Diakhir kegiatan, semua berita yang telah ditulis oleh para peserta dievaluasi oleh Budi Suwarna. Dari hasil evaluasi, terpilihlah dua berita yang dianggap layak. Salah satunya adalah berita yang ditulis oleh Johana Joy Artamira, Syifaa Grizilia, Serafina Elsa, dan Alyna Elsa Gunawan.

“Ya kami benar-benar tidak menyangka berita kami yang menang pada saat kegiatan itu karena dianggap layak. Ya jadinya kami bangga lah.”, tandas Joy