English Bahasa Indonesia

​Ridwan Sanjaya Jadi Guru Besar Bidang Sistem Informasi Unika

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata kembali menambah satu guru besarnya dalam bidang Sistem Informasi. Adalah Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor 4 Untversitas tersebut, menjadi Guru Besar baru bidang tersebut, Kamis (22/6).

Dalam acara serah terima Surat Keputusan pengangkatan Guru Besar yang diselenggarakan di gedung Kopertis VI Jawa Tengah, Semarang, Kamis (22/6).

“Melalui pencapaian ini juga penerima amanah guru besar diharapkan dapat menjadi fasilitator bagi dosen lain dalam meningkatkan karyanya dan mencapai jenjang kepangkatan akademik yang lebih tinggi,” jelas DYP Sugiharto, Koordinator Kopertis VI. Jumat (23/6).

Selain itu, menyampaikan, penelitian dan publikasi ilmiah berskala internasional Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di dalam naungan Kopertis 6 untuk terus ditingkatkan baik jumlah dan kualitasnya. Menurutnya, target yang perlu diwujudkan seseorang usai menerima SK Profesor adalah menghasilkan banyak judul karya ilmiah bereputasi.

Budi Widianarko, Rektor Unika Soegijapranata menambahkan, Ridwan merupakan salah seorang Guru Besar di Unika Soegijapranata yang tergolong muda, yakni dalam usianya 39 tahun. “Ini contoh bahwa umur yang masih muda pun bisa,” jelas Budi.

(Tribun Jateng 24 Juli 2017)

Ridwan Sanjaya Guru Besar Ke-71 di Jateng

Unika Soegijapranata kembali menambahkan satu guru besar, yaitu Dr Ridwan Sanjaya dalam bidang Sistem Informasi.

Acara serah terima Surat Keputusan (SK) pengangkatan Guru Besar atau Profesor diserahkan Prof Dr DYP Sugiharto selaku Koordinator Kopertis VI di kantor Kopertis Vl JawaTengah, baru-baru ini. Ridwan Sanjaya merupakan guru besar Ke-71 dari 10.000 dosen yang berkarya di Jawa Tengah.

Koordinator Kopertis VI mengatakan, melalui pencapaian ini penerima amanah guru besar diharapkan dapat menjadi facilitator bagi dosen lain dalam meningkatkan karyanya dan mencapai jenjang kepangkatan akademik yang lebih tinggi. Selain itu penelitian dan publikasi ilmiah berskala internasional juga harus semakin ditingkatkan.

Menurutnya, target yang perlu diwujudkan setelah menerima SK profesor adalah menghasilkan karya ilmiah bereputasi. “Sebagai seorang profesor, perlu untuk terus berkarya. Begitu juga raihan ini diharapkan akan memotivasi bagi dosen yang lain supaya dapat mengikuti jejaknya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Y Budi Widianarko MSc yang menerima SK tersebut menambahkan, Ridwan merupakan salah satu guru besar di Unika Soegijapranata yang tergolong muda dalam usianya 39 tahun. Di samping itu dalam waktu
dekat juga akan menerima suksesi kepemimpinan di Unika Soegijapranata yang belum lama ini telah berhasil meraih akreditasi institusi peringkat A (Unggul) dari BAN PT.

Dengan diterimanya SK itu, maka mulai saat itu Ridwan yang menjabat sebagai Wakil Rektor IV Unika Soegijapranata dan dosen di program studi Sistem Informasi berhak menyandang gelar profesor dengan nama lengkap Prof Dr F Ridwan Sanjaya SE SKom MS IEC.

Selama ini Ridwan dikenal sebagai penulis buku-buku komputer, teknologi-bisnis, dan teknologi-psikologi di penerbit buku nasional, serta penulis aktif kolom di surat kabar Jawa Tengah.

(Suara Merdeka 3 Juli 2017, http://berita.suaramerdeka.com)