English Bahasa Indonesia

Deskripsi Program

SEJARAH SINGKAT PROGRAM STUDI

Populasi besar mungkin menjadi beban dalam masyarakat yang bisa menjadi sulit untuk dikembangkan, terutama dalam pekerjaan dan pendidikan. Oleh karena itu perlu untuk meningkatkan kapasitas manusia yang bisa benar-benar menjadi modal dasar pembangunan nasional. Penekanan pada pembangunan jangka panjang adalah pembangunan ekonomi dengan tujuan utama untuk mencapai keseimbangan antara pertanian dan industri. Pembangunan di sektor industri harus didukung oleh tenaga terampil di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Atas dasar itu, Program Studi Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata dibuka pada 4 Februari 1993 yang didaftarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Keputusan no. 881 / Dikti / Kep / 1993 dengan akreditasi terakhir B pada tahun 2011.

Pengembangan studi teknik listrik dapat bervariasi dengan meningkatnya permintaan dalam industri dan kemajuan dalam ilmu itu sendiri, sehingga perlu dikembangkan dalam bidang sendiri studi, dalam contoh:

  •  Tenaga Teknik Elektro
  •  Telekomunikasi dan Informatika
  •  Elektronika
  •  Aplikasi Industri, dll

Saat ini, Program Studi Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata memiliki 2 program utama, yang Electronika Industri dan Robotika Mekatronika, yang bertujuan agar alumni bisa mendukung dan mengembangkan pengetahuan mereka untuk perkembangan industri dan nasional.

Sejak tanggal 1 Maret 2012, Jurusan Teknik Elektro bergabung dengan Fakultas Teknik, sebelum itu bergabung dalam Fakultas Teknologi Industri.

VISI DAN MISI

Visi

Kami, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Soegijapranata adalah komunitas akademik yang sangat baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat. Di bidang teknik elektro, jurusan Teknik Industri dan Robotika Mekatronika.

Misi

Berdasarkan nilai-nilai pengetahuan di bidang teknik listrik, Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Soegijapranata akan:

  • Meningkatkan pendidikan di bidang teknik listrik dengan besar pada Elektronika Industri dan Robotika Mekatronika yang mumpuni akademis.
  • Melakukan penelitian di bidang teknik listrik, dengan besar pada Elektronika Industri dan Robotika Mekatronika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan manusia
  • Melakukan pengabdian masyarakat sebagai penerapan studi teknik elektro umum dan berkonsentrasi pada Elektronika Industri dan Robotik Mekatronika yang telah dikembangkan dalam penelitian untuk kesejahteraan sosial.
  • Mengembangkan jaringan dengan institusi yang terkait dengan bidang teknik listrik di daerah dan Internasional, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dicapai pada penelitian dengan terpadu dan layanan masyarakat.
  • Meningkatkan kurikulum Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik terus menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan teknik elektro .

KURIKULUM

Kurikulum setiap bidang ilmu dirancang berbasis kompetensi keahlian dengan jumlah 144 SKS, yang dapat ditempuh kurang lebih 4 tahun. Materi terdiri dari dari Perkuliahan, Pertugasan, Simulasi Komputasi, Eksperimen, Praktikum, Kerja Praktek, Kuliah Lapangan, KKN, Tugas Akhir secara terintegrasi.

KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan nilai-nilai ilmu pengetahuan di bidang teknik elektro, alumni Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Soegijapranata dirancang untuk memiliki dua kompetensi (hard skill dan soft skill).

Kompetensi hard skill memiliki dua spesialisasi, yaitu:

  • Kompetensi di bidang Elektronika Industri, yang dapat menerapkan disiplin ilmu di bidang industri.
  • Kompetensi di bidang Robotika dan Mekatronika, yang dapat menerapkan disiplin ilmu di bidang robotika, mekatronika, dan informatika.

Kompetensi soft skill dirancang untuk memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Memiliki pemahaman tentang aturan dan norma-norma di masyarakat.
  • Memiliki kepribadian yang baik dan kepemimpinan
  • Memiliki analitis, praktis, dan keterampilan inovasi
  • Profesional

Kompetensi umum, adalah kompetensi soft skill, sehingga mahasiswa bisa beradaptasi di masyarakat, memiliki kepribadian yang baik, Independen, dan kepemimpinan. Mahasiswa bisa memecahkan masalah sistematis dan analitis, bisa dilaksanakan keterampilan teknis, dan memiliki keterampilan inovasi baik yang bekerja secara profesional.

Kompetensi teknik elektro, adalah kompetensi hard skill di bidang teknik listrik sehingga ulama memiliki kemampuan analitis di bidang teknik listrik, bisa menghadapi masalah dengan berpikir kritis, menyelesaikan masalah dengan baik di bidang teknik listrik.

Program Studi Teknik Elektro / Company Profile Department of Electrical Engineering (YouTube)

elektro

Tweet about this on TwitterShare on FacebookPrint this pageEmail this to someone