English Bahasa Indonesia

KULIAH UMUM dengan Prof Chen-lun Hung dari Universitas Providence Taiwan

visit

 

Setiap semester pada awal kuliah, Fakultas Ilmu Komputer selalu mengadakan kuliah umum yang bertujuan untuk menselaraskan antara kajian teori yang dikembangkan dikelas pada saat perkuliahan dengan realitas dunia kerja serta mengetahui perkembangan teknologi IT saat ini. Kuliah umum biasanya menghadirkan pembicara baik dari praktisi maupun dari pakar.

Pada semester genap 2016/2017 ini kuliah umum Fakultas Ilmu Komputer menghadirkan pakar Teknologi “BIG DATA” dari Universitas Providence Taiwan. Prof Che-Lun Hung Ph.D mempunyai reputasi luar biasa dalam teknologi BIG DATA. Hal ini terlihat dalam banyaknya tulisan Prof Chen di jurnal mapun proceding ilmiah internasional bereputasi. Usia yang masih relatif muda tetapi sudah menghasilkan lebih dari 100 tulisan ilmiah. Salah satunya adalah tentang algoritma UPGMA Pararel,  Pemakaian GPUs, Deep Learning menggunakan CUDA dan lain sebagainya.

Kuliah umum diadakan di Gedung Theater Thomas Aquinas Universitas Katolik Soegijapranata pada tanggal 6 Maret 2017, dengan judul “Implementasi Big Data” dihadiri oleh sebagian mahasiswa Ilmu Komputer. Acara kuliah umum ini di buka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, kemudian dilanjutkan kuliah umum yang di moderatori oleh Dr. Benardinus Harnadi.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof Chen-lun Hung memamaparkan bahwa big data sangat berperan penting dalam setiap aspek, Big data sendiri adalah tindakan pengumpulan dan penyimpanan informasi yang besar untuk analisis. data tersebut adalah data terstruktur maupun data yang tidak terstruktur seperti gambar, video dan informasi-informasi lain. Data-data ini disimpan di server kemudian dianalisis menggunakan metode-metode tertentu untuk mendapatkan suatu keputusan. Salah satu platform yang populer digunakan adalah platform CUDA. CUDA adalah platform pararel komputasi dan aplikasi pemrograman interface pada GPU. Platform ini dibuat oleh NVDIA, salah satu industri yang berkecimpung dalam pengolahan grafis. Sedangkan contoh implementasi big data adalah implementasi mobil cerdas dan prediksi kecenderungan orang dalam berbelanja suatu barang,dan lain sebagainya

         Acara kuliah umum dilanjutkan pertemuan dengan fakultas untuk membicarakan kemungkinan-kemungkinan kerjasama antara providence dengan F.IKOM. hasilnya adalah didapatkan beberapa kerjasama seperti riset bersama menggunakan Teknologi BigData untuk medis dan game serta pemakaian IOT dan kemungkinan kuliah di providence selama 1 tahun.