English Bahasa Indonesia

Tentang Teknik Informatika

Program Teknik Informatika di bawah Fakultas Ilmu Komputer didirikan pada tahun 2002. Perintisan program studi sendiri sudah dimulai sejak tahun 1995 saat Unika Soegijapranata mengembangkan sistem komputerisasi di seluruh lingkungan universitas. Selama 3 tahun mendapatkan surat ijin operasional, pada tahun 2005 program studi mendapatkan status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional(BAN).
Program teknik informatika meletakan visi menjadi program yang secara akademik bertaraf internasional dan menjadi tempat yang diimpikan mahasiswa untuk mengembangkan diri.
Untuk mencapai visi tersebut, maka program Teknik Informatika membawa misi membangun “lingkungan yang subur” demi peningkatan taraf akademik dan pertumbuhan serta pengembangan diri mahasiswanya
kurikulum dan perkuliahan
Kurikulum pada program meliputi dasar-dasar ilmu komputer, ditunjang dengan kelompok mata kuliah pendukung keahlian dan mata kuliah pilihan. Seluruh mata kuliah dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester dengan total 144 sks.
Dalam satu semester, mahasiswa dapat menempuh 4 hingga 5 mata kuliah dengan waktu belajar setiap minggunya sebanyak 2 kali tatap muka, masingmasing 90 menit dan praktikum 120 menit (untuk mata kuliah laboratorium).
Dengan demikian, mahasiswa memerlukan waktu 20-25 jam belajar terprogram setiap minggu. Pada semester akhir, mahasiswa harus menyelesaikan project atau tugas akhir dan dipresentasikan pada forum ilmiah kampus.

prospek lulusan
Lulusan program Teknik Informatika mempunyai keahlian yang memadai untuk bekerja di berbagai bidang yang terkait dengan komputer dan teknologi informasi.

Sejak tahun 2005, program Teknik Informatika telah meluluskan alumni yang bekerja pada berbagai sektor atau bidang. Prospek kerja di perusahaan, perbankan, instansi pemerintah, rumah sakit, dan lain sebagainya ditunjang dengan 5 pilar keahlian di bidang:

  1. Application Programmer
  2. System Programmer
  3. Network and System Administrator
  4. Database Administrator
  5. Mobile Computing

fasilitas pendidikan

  1. Laboratorium komputer yang lengkap dan terkoneksi dengan internet selama 24 jam penuh.
  2. Wifi atau hotspot area di lingkungan fakultas yang dapat diakses secara bebas menggunakan perangkat mobile
  3. Ruang kelas yang nyaman dan ber-ac
  4. Akses informasi cukup melalui SMS saja
  5. Ruang seminar yang dilengkapi dengan multimedia yang lengkap
  6. Perpustakaan lokal dan universitas yang menyediakan berbagai sumber informasi tanpa batas ditunjang dengan berbagai sumber bacaan dari buku-buku elektronik
  7. Ruang kemahasiswaan yang mendukung kegiatankegiatan pengembangan ilmu.

kemahasiswaan
Pengembangan keilmuan Program Teknik Informatika juga ditunjang dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan khususnya di bidang penalaran dan keilmuan.
Dapur creative dan diskusi bulanan dibentuk sebagai wadah mahasiswa dalam mengembangkan diri, menuangkan berbagai ide dan kreativitas seperti menulis buku dan
menulis artikel. Berbagai karya mahasiswa teknik informatika telah diterbitkan oleh penerbit buku berskala nasional maupun media massa lokal.
Beberapa karya mahasiswa juga telah diakui dan dipublikasikan secara nasional di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Beasiswa seperti Djarum, Supersemar, Salim, PPA & BBM, Yayasan Sandjojo diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu sebagai bentuk apresiasi program studi terhadap prestasi mahasiswa.