English Bahasa Indonesia

Alumnus FTP Raih Beasiswa S2 di Cina

Seorang alumni FTP Unika Soegijapranata berhasil meraih kesempatan untuk melanjutkan studi S2 di Chongqing University yang berada di RRC (Republik Rakyat Cina). Yohanes Kristo Sugiarto Utomo, atau akrab disapa Kristo, menceritakan mengenai bagaimana ia mendapatkan beasiswa. Awalnya, ia mendapat informasi untuk beasiswa ke Cina dari dosen yang ia kenal saat ia bekerja sebagai administrasi kampus, lalu ia mulai mencari dan ia menemukan informasi lebih mengenai beasiswa untuk ke Cina dari Chinese Scholarship Council.

162493Kristo menceritakan bahwa ia memiliki motivasi awal untuk ke studi ke luar negeri setelah ia mendengarkan presentasi seorang dosen mengenai beasiswa untuk studi di Amerika, selain itu sejak kecil ia bermimpi untuk melakukan perjalanan keliling dunia dan dengan mendapatkan beasiswa S2 di Chongqing University ini, ia merasa bahwa sebagian dari mimpi masa kecilnya tercapai.

162495Awalnya, Cina bukan tujuan awal Kristo untuk mengambil beasiswa di luar negeri, ia berkeinginginan untuk mengambil beasiswa di negara-negara seperti Amerika atau Eropa. Namun, untuk ke negara barat seperti Amerika dan Eropa bukanlah hal mudah, ia harus menunggu 6 bulan untuk tes beasiswa ke Eropa. Karena disibukkan oleh berbagai pekerjaan dan kegiatannya pada saat itu, ia membulatkan tekad untuk mengambil beasiswa di Cina karena ia merasa peluang ia menerima beasiswa untuk studi S2 di Cina lebih besar, dan akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk studi S2 di Chongqing University.

162494Jurusan S2 yang diambil Kristo di Chongqing University adalah Biomedical Engineering. Biomedical Engineering adalah jurusan yang mempelajari pembuatan alat-alat medis. Menurut Kristo, memang di jurusan ini kurang berhubungan dengan Teknologi Pangan dan apa yang dipelajari di Teknologi Pangan tidak terlalu banyak digunakan di Biomedical Engineering, namun ia juga mengatakan bahwa beberapa mata kuliah yang diberikan di Teknologi Pangan menjadi dasar dalam mengikuti perkuliahan di Biomedical Engineering, seperti Dasar-dasar Bioteknologi yang mempelajari PCR, DNA rekombinan, dan lain-lain. Ia juga menghimbau mahasiswa FTP yang senang mempelajari penyakit dan cara penyembuhannya dapat melanjutkan studi di jurusan Biomedical Engineering.